Rabu, 28 Agustus 2013

Nasi Jamblang Pelabuhan

Salah satu makanan khas dari Cirebon yang sudah sangat terkenal pastinya nasi jamblang. Pada dasarnya nasi jamblang adalah sejenis nasi rames yang bisa ditemui di manapun. Yang membedakan nasi jamblang dengan nasi rames yang lain adalah nasi jamblang ini disajikan dengan alas daun pohon jati (daun jamblang). Ciri khas inilah yang hampir nggak ditemukan di tempat lain selain di Cirebon.

Banyak sekali tempat yang menjajakan nasi jamblang ini di Cirebon. Masing masing tempat menyajikan ke khasannya yang berbeda dari tempat yang lain. Siang itu kami mendatangi salah satu tempat ini yaitu Nasi Jamblang Pelabuhan (cabang pelabuhan Yos Sudarso) yang berada di Jl. Bima, Cirebon.

Suasana siang itu ketika kami datang tidak terlalu ramai karena bertepatan dengan akhir jam makan siang. Tempatnya sendiri cukup nyaman dan bersih. Pilihan makanannya pun cukup beragam seperti perkedel kentang,semur daging, orek tempe, tumis kerang dan yang lainnya dengan harga yang terjangkau banget. Siang itu masing masing dari kami menghabiskan sekitar Rp 25.000  per orang untuk seporsi makan siang yang terdiri dari nasi putih dan beberapa macam lauk berikut minum. Sedangkan pilihan lauk  gw siang itu terdiri dari semur daging, ikan asin jambal, hati dan rempela goreng kremes, sate telur burung puyuh dan tumis kerang. dari semua lauk yg gw pilih, tumis kerangnya lah yang paling gw suka karena rasanya yang unik dan nggak amis.

Buat yang ingin berkunjung ke Cirebon, rumah makan nasi jamblang pelabuhan ini bisa dijadikan salah satu tempat makan yang worth to try karena selain harganya yang murah meriah dan juga rasanya yang enak banget

Rumah Makan Nasi Jamblang Pelabuhan
Jl. Bima No. 1
Kartini, Cirebon




Nasi Jamblang Pelabuhan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar